Rabu, 07 November 2007

TUTUPNYA PANASONIC PEDIDA

Penutupan Pabrik
"Beneran ini ditutup ?"tatapan matanya masih tidak percaya. "Yaaa benerrr, emang tadi nggak dengerin" pria berambut ikal disebelahnya menjawab dengan emosi. "Kan model baru masih banyak...kan hari rabu yang lalu kita masih long shift?" "Lha kalau yang punya pabrik bilang tutup, ya tutup !!"
Ruang aula itu menjadi hiruk pikuk, sudah tidak terdengar lagi pidato dari pimpinan perusahaan yang mencoba untuk menenangkan suasana. Karyawan pria berteriak teriak mengacungkan tangan, sementara yang wanita menangis terisak-isak, dan beberapa ada yang pingsan.
Disisi depan beberapa orang ( yang tampaknya dari serikat pekerja ) mengambil alih mikropon... "Kita akan tetap bekerja..Kita akan tetap bekerja. Sudah 13 tahun kita besarkan perusahaan ini, dari satu gedung, hingga sekarang menjadi 4 gedung. Kita sudah cucurkan keringat, teteskan darah untuk perusahaan ini...tidak bisa kalian para kapitalis, dengan seenaknya menutup pabrik. Menutup pabrik itu gampang, itu kerjaan anak kecil. Kalian para kapitalis, harusnya juga berpikir bagaimana agar pabrik ini tetap jalan...kalian pengkhianat..pengkhianat !!"
Suasana makin tidak terkendali, tapi untunglah tidak ada tindakan anarkis yang terjadi. Biarpun emosi para karyawan yang kehilangan mata pencahariannya dua minggu menjelang Lebaran, semakin memuncak.
Keputusan yang benar-benar diluar dugaan para karyawan. Karena sebelum hari jum'at itu, kondisi produksi masih tinggi. Hampir setiap hari karyawan bagian produksi harus kerja lembur untuk memenuhi production plan, bahkan hari rabu, beberapa bagian masih harus long shift.
Si ibu yang baru sadar dari pingsanya menangis tersedu-sedu, di tengah kerumunan teman-temannya "Tolong..pak..bagaimana nasib saya pak. Anak saya tiga, bapaknya sudah tidak kerja. Saya nggak kuat pak...saya mati saja pak..bagaimana sekolah anak saya..Ya Allaahhh..berat benar cobaan-Mu."
Tetes air mata juga berlinang di wajah para pria yang selama ini tegar. Subhanallah..Subhanallah...bisiknya pelan sambil mengusap air mata. Terbayang si kecil di rumah sedang asyik dengan tas sekolahnya, lalu istri tercinta yang perutnya sudah membuncit, hendak menghadirkan putra kedua yang lama dinanti kehadirannya.
Ya Allah...berilah kelapangan kepada hati kami agar dapat menerima cobaan ini
Cikarang, 1 Oktober 2007
Ditulis berdasarkan kisah nyata penutupan PT PEDIDA (Panasonic ) Cibitung pada hari Jum'at 28 Sept 2007

2 komentar:

Roger mengatakan...

Subhanallah...memang kapitalis amatlah kejam.
Namun apakah perlu dilakukan kajian yang mendalam apa penyebab banyak investor asing hengkang dari Indonesia???

consultan insurance mengatakan...

Kepada Yth,
Perusahaan Contractor & Supplier Pemerintah BUMN & Swasta
Up : Pimpinan / Finance Dept
Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan ( Non Collateral )


Dengan Hormat,

Perkenalkan kami dari PT. AWAT MATA PUTRA (Insurance Brokerage) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Bank Garansi, Surety Bond & Jaminan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana Akhir Tahun) dengan Sertifikat Agen Nomor : 01.210415.01.00.001433.0101 AAUI - SIUP Nomor : 812000694298. bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, maupun Swasta, (BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, VICO, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA) Terlampir file penawaran penerbitan jaminan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan (Non Collateral) , Proses Cepat dan Biaya Kompetitif Murah serta polis jaminan kami Antar :
Adapun rate Bank Garansi dan Surety Bond (Asuransi) adalah sebagai berikut :
1. JaminanPenawaran /Bid Bond
2. JaminanPelaksanaan /performance Bond
3. Jaminan UangMuka /Advance Payment Bond
4. JaminanPemeliharaan /Maintenance Bond
5. jaminan SP2D/Pembayaran
6. ConstructionAll Risk (CAR)
7. Konstruksi& Rekayasa / Construction & Engineering
8. Hukum/Casualty
9. Angkutan Barang /Cargo
10. Rangkakapal/Marine Hull. Dll


Kami Juga Bisa Proses Jaminan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana Akhir Tahun Tanpa Colateral / Tanpa Agunan)



Best Regards,
LEO ALIF MAHENDRA


Marketing
085273029858
PT. AWAT MATA PUTRA (ADM)
Jl.Kalibata Selatan 1 No.19A, Kalibata Jakarta Selatan
Telephone : (021) 21279926,21279945 (hunting)
Faximile : (021) 21279442